A. Sejarah Kereta Api
1. Sejarah Kereta Api Dunia
Pada
abad ke-18, setiap tambang di Inggris memiliki jaringan kereta api sederhana
sendiri, dengan kuda sebagai tenaga penarik gerobak dari tambang ke pabrik.
Pada tahun 1774 James Watt memperkenalkan penemuan mesin uap stasioner
pertamanya ke seluruh dunia. Kemudian pada tahun 1800-an beberapa ahli mesin
uap berhasil memodifikasi mesin uap rancangan Watt, dengan merancang ruang
bertekanan tinggi non-kondensasi yang memungkinkan mesin untuk mengkonversi
lebih banyak energi uap menjadi energi mekanik.
Mesin uap pertama mulai dioperasikan
di sepanjang rel primitif pada tahun 1804.Saat itu Matthew Murray berhasil
menampilkan lokomotif sederhana pertama, Namun perhatian publik justru lebih
banyak tertuju pada Richard Trevithick yang berhasil menciptakan “Penydarren”,
sebuah lokomotif yang menarik beban setara 25 ton dan 70 orang. Kereta api
dipergunakan secara komersial pada akhir 1820-an, George Stephenson yang
berkebangsaan Inggris saat itu memenangkan kompetisi dengan desain lokomotif
uapnya. Sejak saat itu, lokomotif uap menyebar dengan cepat hingga ke Amerika.
Masa
kejayaan kereta uap berakhir ketika seluruh armada kereta di London mulai
menggunakan mesin listrik dan juga pengenalan mesin Diesel, yang membawa
lokomotif uap untuk tutup usia setelah perang dunia ke-2. Mesin diesel yang
dikombinasikan dengan yang listrik memungkinkan terciptanya kereta terbaik
kedua dunia, setelah kereta listrik.
Setelah
Perang Dunia II bearkhir, era KA Supercepat memulai babak baru saat negara maju
di Asia yaitu Jepang mulai membuat dan mengoperasikan KA Supercepat mereka yang
di namakan Shinkansen. Pada tahun 1963, saat uji eksperimental, Shinkansen
Jepang mampu membuat rekor baru, yaitu melaju menembus kecepatan 256 Km/Jam.
Shinkansen tipe 0 dibuat oleh Kawasaki Heavy Industries dan melayani perjalanan
Tokyo - Osaka sejauh 515 Km dengan kecepatan operasional maksimum 210 Km/Jam.
Langkah Jepang ini kemudian disusul oleh negara-negara besar dan maju di Eropa
seperti Perancis dan Jerman.Perancis melalui perusahaan operator kereta api
mereka yaitu SNCF terus berinovasi agar bisa memiliki kereta supercepat. SNCF
kemudian melakukan berbagai proyek KA Supercepat.
Saat
ini, beberapa negara maju sedang mengembangkan bahkan sudah mulai
mengoperasikan kereta api berteknologi magnetic levitation (maglev) seperti
Jepang, China, Jerman dll. Seperti namanya, prinsip dari kereta api ini adalah
memanfaatkan gaya magnet untuk mengangkat kereta sehingga mengambang, tidak
menyentuh rel sehingga gaya gesek dapat dikurangi. Kereta maglev juga
memanfaatkan magnet sebagai pendorong. Dengan kecilnya gaya gesek dan besarnya
gaya dorong, kereta ini mampu melaju dengan kecepatan sampai 600 km/jam, jauh
lebih cepat dari kereta biasa.
2. Sejarah
Kereta Api di Indonesia
Setelah
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, karyawan perusahaan kereta api yang tergabung
dalam Angkatan Moeda Kereta Api (AMKA) mengambil alih kekuasaan perkeretaapian
dari Jepang. Dan pada 28 September 1945 ditetapkan menjadi Hari Kereta Api dan
dibentuknya Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI).
Nama
DKARI kemudian diubah menjadi Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA). Nama itu
diubah lagi menjadi Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA) pada tanggal 15
September 1971. Pada tanggal 2 Januari 1991, nama PJKA secara resmi diubah
menjadiPerusahaan Umum Kereta Api (Perumka) dan semenjak tanggal 1 Juni 1999
diubah menjadi PT Kereta Api Indonesia (Persero) sampai sekarang.
Pada
akhir Maret 2007,DPR mengesahkan revisi UU No. 13/1992 yang menegaskan bahwa
investor swasta maupun pemerintah daerah diberi kesempatan untuk mengelola jasa
angkutan kereta api di Indonesia.Pemberlakuan UU Perkeretaapian No. 23/2007
secara hukum mengakhiri monopoli PT KAI dalam mengoperasikan kereta api di
Indonesia. Pada tanggal 28 September 2011, bertepatan dengan peringatan ulang
tahunnya yang ke-66, KAI meluncurkan logo baru.
Tahun
1976, PT. KAI mulai mendatangkan Kereta Rel Listrik (KRL) dari Jepang.KRL
merupakan kereta rel yang bergerak dengan sistem propulsi motor listrik. Di
Indonesia, kereta rel listrik terutama ditemukan di kawasan Jabodetabek, dan
merupakan kereta yang melayani para komuter. Kereta rel listrik berbeda dengan
lokomotif listrik.Panjang keseluruhan jalur kereta api di Indonesia adalah 7583
kilometer.
B.
Daftar Kereta Tercepat di Dunia per 2017
5. Talgo
350, Spanyol
Kecepatan Kereta: 350 km/jam
Jalur
: Madrid-Barcelona dan Madrid-Valladolid
Jumlah
Penumpang
:365 orang
Tahun
mulai beroperasi : 2007
Speed maksimumnya
yang sampai 350 kmph mampu mempersingkat waktu tempuh antara Madrid dan
Barcelona. Kereta api memiliki 14 gerbong, yang terdiri dari 2 gerbong
pengemudi atau penggerak serta 12 lainnya merupakan gerbong penumpang.Fasilitas
kereta api terpecah menjadi empat kelas; ada kelas Club, First,
Bistro, dan Coach. Semua kelasnya menyajikan kursi berbaring,
lengkap dengan tempat ganjal atau penunjang kakinya.Setiap bangkunya sudah bisa
mengakses perangkat audio atau video.Panel informasi real time pun
terpampang di dalam serta di luar gerbong.
4. Siemens
Velaro E/AVS 103, Spanyol
Kecepatan
Kereta
: 350km/jam
Jalur
: Barcelona – Madrid
Jumlah
Penumpang
: 404 orang
Operator
: Spanish National Railways
Tahun
mulai beroperasi : 2007
Yang
satu ini merupakan versi lain dari Velaro E ala Siemen, perusahaan Jerman yang
sudah mengembangkannya. Di Spanyol sendiri, kereta api ini lebih dikenal
sebagai AVS 103. Daerah operasinya ada diantara Barcelona dan Madrid. Speed
maksimalnya sebesar 350 kmph, sehingga memungkinkannya menempuh dua kota besar
itu dalam waktu 2 jam 30 menit saja.Pada Juni tahun 2007, pelayanannya untuk
umum dibuka.Total ada 8 gerbong, dengan kapasitas sebanyak 404 kursi.
3. AGV
Italo, Italia
Kecepatan
Kereta : 360km/jam
Jalur
: Roma – Naples
Jumlah
Penumpang : 446 orang
Operator
: Nuovo Trasporto Viaggiatori (NTV)
Tahun
mulai beroperasi : 2007
Ini
dia kereta api tercepat yang dioperasikan di daratan Eropa, Italia lebih
tepatnya.Kecepatan operasional maksimumnya menjangkau angka sebesar 360
kmph.Namun di tahun 2007, ketika dilakukan tes awal, kereta ini bahkan melesat
sebesar 574 kmph.Pada April 2007, mereka mulai membuka jasanya.Daerah
operasinya bergerak di antara Roma dan Naples.
Desainnya
juga banyak mendapat pujian. Struktur yang diterapkan begitu ramah lingkungan,
bahkan 98% diantaranya memang dari hasil dari proses daur ulang. AVG Italo ini
memiliki 11 gerbong yang terbagi menjadi 3 kelas. Ada kelas Club, Prima dan
Smart. Semuanya sama-sama menyediakan kursi dari bahan kulit, tayangan televisi
serta Wi-Fi gratis.
2.Harmony
CRH 380A, China
Kecepatan
Kereta
: 380km/jam
Jalur
: Shanghai – Nanjing
Jumlah
Penumpang
: 494 orang
Operator
: Chinese Ministry of Railways
Tahun
mulai beroperasi : 2010
Untuk
pelayanan secara komersil, kecepatan maksimum kereta ini sampai 380 kmph. Namun
ketika proses testing, speed kereta yang ada di Tiongkok ini tercatat
sebesar 416,6 kmph. Jasa rutin yang mulai dioperasikan pada Oktober 2010 ada di
antara rute Shanghai-Nanjing.Perusahaan CSR Qingdao Sifang Locomotive serta
Rolling Stuck menjadi pihak yang ada di balik produksi kereta ini. Material
alumunium membuat kereta api ini mampu mengurangi berat. Tampilan depannya yang
menyerupai ikan juga menjadi kekhasan tersendiri untuk kereta api ini. Desain
unik ini sengaja dirancang agar kereta mampu mengurangi tekanan aerodinamik.
Kapasitasnya
cukup banyak, sebanyak 494 kursi penumpang. Tiap penumpangnya akan difasilitasi
lampu baca, tampilan elektronik serta power port. Semua unit gerbongnya
juga mendapat pelayanan berupa makanan dan minuman.Mereka juga menyediakan
bagian VIP khusus di area yang berdekatan dengan kabin masinis. Dengan begitu,
kita bisa menikmati “pemandangan” kereta api yang tengah melesat.
1. Shanghai
Maglev, 431 kmph, China
Kecepatan kereta :
431 km/jam
Jalur
: Longyang Road – Pudong International Airport
Jumlah
Penumpang : 574 orang
Operator
: Shanghai Maglev Transportation Development Co., Ltd.
Tahun
mulai beroperasi : 2004
Kecepatan
operasi puncaknya mencapai 431 kmph.Adalah Shanghai Maglev Transportation
Development Co. yang menjadi operatornya. Jika diperhatikan secara seksama,
kereta api ini tidak memiliki roda. Bisa kita lihat bagianbawahnya melayang di
atas medan magnet, tepat diantara kereta dan track-nya. Kekuatan magnetnya
yang luar biasa itu menciptakan tarikan elektromagnetik tersendiri, sehingga
tak terjadi kontak langsung antara rel dengan keretanya.Untuk pelayanan publik,
kereta ini sudah membukanya sejak tahun baru 2004
Wilayah
operasinya terbentang diantara jalanan Long Yang serta bandara Internasional
Pudong.Untuk kapasitas penumpangnya sendiri, Shanghai Manglev sudah menyiapkan
sebesar 574 bangku.Operasinya berlangsung setiap 15 menit.Untuk tiket biasa,
kita bisa menukarnya dengan uang sebesar US$8.Sementara untuk kelas VIP,
harganya dobel menjadi US$16.
C.
Kereta Masa Depan
Pesawat terbang masih menjadi alat transportasi tercepat apabila ingin
mengunjungi suatu tempat yang jaraknya ratusan kilometer dari tempat kita
berada saat ini. Namun sebentar lagi posisi tersebut akan tergantikan dengan sebuah
model transportasi baru bernama Hyperloop.
Hyperloop
ini sebenarnya bukan teknologi yang baru.konsep dasarnya sudah ada sejak lama.
Namun gambaran jelas mengenai teknologi ini baru terdengar tahun 2012 lalu
setelah diutarakan oleh Elon Musk.Beliau adalah pemilik perusahaan antariksa
SpaceX dan mobil listrik Tesla Motors. Teknologi Hyperloop ini dikembangkan
secara open source yang berarti pihak lain dapat ikut serta dalam mengembangkan
teknologi ini.
Kereta
Hyperloop ini kecepatannya bisa mencapai 1200km/jam. Bandingkan dengan
kecepatan pesawat terbang komersial (900 km/jam), atau kereta api Maglev (600
km/jam). Dengan kecepatannya tersebut, tidak mustahil apabila perjalanan dari
Jakarta ke Yogyakarta dapat ditempuh dalam 25 menit saja.
Kereta
Hyperloop berbentuk seperti sebuah kapsul, masing-masing kapsul dapat diisi
oleh 28 orang penumpang. Kapsul ini meluncur pada rel yang berupa pipa tabung
bertekanan rendah dan semivakum udara yang tahan gempa dan tidak terpengaruh
akan perubahan cuaca. Bagian atas tabung lintasan Hyperloop sendiri dilengkapi
panel surya yang membangkitkan energi hingga 57 MegaWatt per tahun.Jalur kereta
Hyperloop sendiri merupakan jalan layang, dibangun di atas pilar beton.
Hyperloop
ini tidak hanya menggunakan prinsip elektromagnetik tetapi juga mengadopsi
prinsip termodinamika dan dinamika fluida. Kapsul Hyperloop memiliki 2 motor
elektromagetik yang berfungsi menciptakan medan magnet. Kemudian ada kipas
angin berukuran besar dan kompresor yang bertujuan untuk melampaui Kantrowitz
Limit yang dirumuskan oleh fisikawan AS, Arthur Kantrowitz.
Dikutip
dari Kompas.com, Katorwitz Limit menyatakan, saat sebuah benda bergerak dalam
tabung semivakum, udara di bagian benda itu akan termapatkan. Pada akhirnya,
udara itu yang justru menghambat kecepatan gerak benda.Ini persis seperti jarum
suntuk.Kipas angin raksasa dan kompresor membantu mengalirkan udara ke dalam
kapsul dan sekitarnya.
Selain itu
dibutuhkan air bearing, yaitu bantalan sepanjang 1,5 meter yang menciptakan
udara bertekanan rendah. Kapsul akan melayang, persisi dengan interaksi magnet
dengan kutub yang sama pada kereta Shinkansen.
Bagaimana
komponen-komponen tersebut dapat memengaruhi kecepatan kereta Hyperloop?Penjelasan
sederhananya adalah, udara menghasilkan gesekan yang dapat menghambat sebuah
benda untuk bergerak. Apabila kereta Hyperloop ini bergerak di ruang hampa,
kecepatan yang dihasilkan akan maksimum. Namun menciptakan ruang hampa udara
ratusan kilometer masih belum memungkinkan, maka Musk memilih untuk memakai
ruang udara bertekanan rendah pada rel kereta Hyperloop ini.
Kipas
angin berukuran besar dan kompresor akan mmengalirkan udara ke air bearing,
yang membuatnya menjadi bertekanan rendah. Udara ini membantu kapsul tersebut
untuk melayang, meminimalkan gesekan dengan tabung, dan yang paling penting
adalah membantu memaksimalkan kecepatan kereta Hyperloop.
Dubai
adalah kota pertama yang berkerja sama dengan perusahaan AS Hyperloop ini.
Dilansir dari The Independent (10/11/2016), kereta berkecepatan tinggi sebagai
transportasi baru antara Dubai dan Abu Dhabi akan memotong waktu perjalanan
antara dua kota secara signifikan. Tanggal penyeselesaian proyek kereta
Hyperloop di Uni Emirat Arab belum ditetapkan.Namun, jika evaluasi awal sukses,
CEO Hyperloop One, Rob Llyod mengatakan proyek ini bisa berjalan. Maka dari
perspektif teknologi, rangkaian kereta Hyperloop siap dioperasikan sekitar lima
tahun ke depan. (duniatimteng.com)
Dapat
dilihat di: Hyperloop is coming to Dubai
Anggota
Kelompok:
1.
Ersa Alfathona (12116380)
2.
Muhammad Raihan (15116026)
3.
Noviani Wiandari (15116499)
4.
Raihan Pramudya (16116013)
2KA01
Daftar Pustaka
http://hudalogawa.blogspot.co.id/2015/06/ilmu-kereta-sejarah-dan-perkembangan_20.html
https://www.weforum.org/agenda/2017/09/these-are-the-world-s-fastest-trains/
Sumber Gambar
http://www.newworldencyclopedia.org/entry/Locomotive
https://fr.wikipedia.org/wiki/Matthew_Murray
https://www.osakastation.com/buying-shinkansen-tickets-at-shin-osaka-station/
http://inhabitat.com/first-passengers-ride-on-japans-311mph-floating-maglev-train/
https://en.wikipedia.org/wiki/TGV
https://en.wikipedia.org/wiki/Shanghai_Maglev_Train
https://en.wikipedia.org/wiki/Korea_Train_Express
https://en.wikipedia.org/wiki/AVE
http://www.krl.co.id/delapan-krl-jakarta-kota-bekasi-pp-akan-melalui-jalur-pasar-senen-mulai-1-april-2017/
Sangat menarik :)
ReplyDeleteKereenn, Artikel yang lengkap ^.^
ReplyDeleteArtikelnya sangat bermanfaat ��
ReplyDeleteBermanfaat sekali
ReplyDeleteHai blog nya menarik:) makasih ya
ReplyDeleteHai blog nya menarik:) makasih ya
ReplyDeleteTerima kasih, sangat membantu sekali :)
ReplyDeletethanks infonyaaa, lengkap bgttt👍👍
ReplyDeletekapan hyperloop di Indonesiaaaaa
ReplyDeletebermanfaat sekali infonya, thanks :)
ReplyDeleteInfonya bermanfaat bagus, thanks wkwk
ReplyDeleteMakasih infonya, sangat bermanfaat ��
ReplyDelete